Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia Kehamilan 38 Minggu

Mengamati setiap pertumbuhan, perkembangan dan gerak janin merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh ibu hamil semasa kehamilannya. Usia kehamilan 38 minggu merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengamati setiap pergerakan bayi yang ada di dalam kandungan terutama di pagi hari saat bangun tidur.

Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia Kehamilan 38 Minggu

Pada umumnya, kelahiran bayi dimulai dari usia kehamilan 38 sampai 41 minggu. Namun, meskipun demikian persiapan proses persalinan harus diperhatikan sedini mungkin. Ini dikarenakan akan langsung berhubungan dengan keadaan atau kondisi ibu hamil yang berbeda-beda. Kadang ada ibu hamil yang melahirkan lebih awal dari waktu perkiraan. Oleh karena itu, akan menjadi sangat penting bagi ibu untuk mengamati dan juga mengenali setiap pergerakan janin yang ada di dalam kandungan menjelang proses kelahiran atau minggu-minggu terakhir.

Pada usia kehamilan yang memasuki 36 minggu, janin sudah mempunyai ukuran serta kematangan untuk siap dilahirkan. Organ tubuh janin sudah terbentuk secara sempurna. Organ tersebut diantaranya adalah jantung, hati, paru-paru dan juga ginjal. Organ hati pada janin yang berusia 36 minggu sudah bisa mengontrol atau menghasilkan kotoran. Organ dalam bayi yang sudah sempurna tersebut membuat bayi pada usia kehamilan 36 minggu sudah siap dilahirkan.

Pada usia kehamilan yang memasuki 37 minggu, janin yang ada di dalam kandungan sudah bisa mengubah posisinya menuju ke jalan persalinan. Pergerakan janin pada usia kehamilan yang memasuki 37 minggu ini ditandai dengan gerakan bayi yang mulai turun menuju ke bagian panggul sang itu. Pada umumnya, kepala bayi akan turun menghadap ke jalan lahir. Selain itu, pergerakan janin di usia ini yaitu ditandai dengan lapisan pelindung bayi di dalam rahim akan mulai menghilang, bulu halus mengalami kerontokan. Hal ini dikarenakan bayi menelan keduanya sehingga akan mempengaruhi fases atau kotoran hasil buang air besar yang pertama kali pada bayi menjadi berwarna kehitaman.

Menjelang usia kehamilan 38 minggu, ibu akan mengalami kontraksi lebih sering dari biasanya. Bukan hanya itu saja, pada usia kehamilan ini pergerakan janin semakin berkembang dan juga lincah. Ini ditandai dengan meningkatnya simpanan lemak pada bayi yang akan membantu mengkondisikan suhu tubuh pada bayi setelah proses persalinan. Kemudian di usia kehamilan yang telah memasuki 39 minggu, bayi akan bergerak menuju jalan lahir dan siap untuk dilahirkan, ini ditandai dengan cairan amnion yang tadinya jernih berubah menjadi lebih pucat.

Di minggu terakhir atau memasuki usia kehamilan 40 minggu, kondisi rahim ibu akan menjadi semakin sempit. Ini dikarenakan bayi yang berada di dalam kandungan menghasilkan hormon kortison. Hormon kortison ini bermanfaat untuk menyempurnakan organ dalam seperti paru-paru serta mempersiapkan untuk menerima udara dari luar setelah dilahirkan.

Demikianlah mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin di kandungan yang telah memasuki usia kehamilan 38 minggu atau minggu-minggu terakhir. Semoga dengan informasi di atas, ibu hamil bisa mempersiapkan kelahiran sang buah hati dengan lebih maksimal.