Cara Membedakan Menstruasi Dan Flek Tanda Kehamilan

Ketika seseorang pasangan setelah menikah dan ingin membangun sebuah keluarga, sudah barang tentu ingin memiliki momongan. Dan setelah berjalanya waktu dalam pernikahan biasanya menanti kabar baik mengenai kehamilan yang akan terjadi pada sang istri. Maka dari itu sang calon ibu untuk lebih mengetahui tentang kehamilan yang akan dialaminya. Dan lebih tau tentang tanda-tanda kehamilan seperti misalnya flek yang menjadi tanda kehamilan.

Cara Membedakan Menstruasi Dan Flek Tanda Kehamilan

Kebanyakan para calon ibu yang hamil pertama kalinya akan merasakan bingung tentang apakah sudah hamil atau belum. Akan tetapi hanya tau sebatas tentang akan adanya kehamilan yaitu dengan memperhatikan siklus haid yang dialaminya sudah berhenti. Akan tetapi pada umumnya kehamilan akan sedikit mengeluarkan bercak atau flek darah tanda kehamilan pada celana dalam sang calon ibu. Nah ini yang dapat membuat bingung para calon ibu yang baru mengalami kehamilan. Apakah flek tersebut merupakan tanda kehamilan atau bukan.

Dan untuk para ibu yang belum paham sebaiknya jangan bingung dan kuatir karena tanda kehamilan yang umum di alami adalah keluarnya flek setelah berhenti dari siklus menstruasi. Supaya tidak terjadi kekeliruan maka di bawah ini ada beberapa cara untuk membedakan antara menstruasi dan flek tanda kehamilan:

  • Jika darah yang keluar adalah berwarna merah terang berarti itu darah haid. Dan apabila darah yang keluar berwarna coklat kehitaman itu adalah darah flek tanda kehamilan.
  • Dan apabila darah keluar cukup banyak itu merupakan darah haid, dan jika darah yang keluar sedikit itu adalah flek yang menjadi tanda kehamilan.

Akan tetapi masih banyak calon ibu muda ini bingung dan masih bertanya-tanya apa sebenarnya dang memicu keluarnya flek, sedang usia kehamilanya baru seumur jagung. Tetapi pada dasarnya, flek yang keluar aman dan tidak membahayakan. Keluarnya flek biasanya bertepatan dengan siklus haid normal sang ibu. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya flek yang terjadi pada ibu hamil:

  • Dari hormone yang mengontrol siklus haid dapat memicu terjadinya pendarahan yang besar
  • Dan fek terjadi ketika telur sedang mengalami pembuahan.

Bagi para ibu yang tidak mengalami seperti beberapa contoh di atas atau mengeluarkan flek padahal dia sudah hamil janganlah khawatir karena itu juga bisa dikatakan aman. Yang harus perlu anda ketahui dengan munculnya flek bukan berarti merupakan tanda dari kehamilan akan tetapi bisa saja itu infeksi pada mulut rahim. Maka dari itu periksakanlah jika mengalami flek agar anda tidak bertanya-tanya dan dapat lebih mengetahui jawabanya, apakah flek tersebut murni tanda kehamilan ataukah suatu infeksi pada mulut rahim.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membedakan menstruasi dan flek tanda kehamilan. Namun tidak semua flek yang dialami adalah merupakan tanda awal kehamilan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa jadi flek tersebut merupakan tanda adanya penyakit kanker mulut rahim. Semoga informasi di atas bisa sedikit menjawab pertanyaan anda mengenai flek tanda kehamilan.