List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dipersiapkan

Ketika sang ibu mengalami masa kehamilan pastinya akan menjadi ratu di rumah. Banyak anggota keluarga yang akan menjaga agar sang ibu dan sang janin tetap dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Apalagi jika hari persalinan mulai dekat, baik sang ibu ataupun anggota keluarga lain akan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Biasanya ibu akan membuat list perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan.

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dipersiapkan

Namun bukan hanya ibu, anggota keluarga lain seperti nenek juga akan mempersiapkannya. Dan bagi anda yang baru mengalami kehamilan pertama tentunya masih bingung terhadap list perlengkapan bayi setelah lahiran.

Berikut merupakan list perlengkapan bayi yang harus anda siapkan:

  • List perlengkapan dasar bayi: popok kain, baju ukuran s (panjang dan pendek), celana ukuran s (panjang dan pendek), kaos dalam bayi ukuran 14 (paling kecil), kain bedong, aksesoris bayi ( bandana untuk perempuan atau topi), kaus kaki dan kaus tangan bayi, gurita bayi, alas ompol / perlak, gendongan bayi yang berukuran new born.
  • List perlengkapan tidur bayi: selimut bayi (tipis dan besar serta tebal untuk bepergian),. Tempat tidur untuk bayi (box bayi), kasur bayi, bantal anti peyang dan guling, sprei untuk tempat tidur bayi, kelambu bayi (agar terhindar dari nyamuk).
  • List perlengkapan peralatan mandi bayi: set perlengkapan mandi bayi (sabun bayi, sampo bayi dan lain-lain), bak mandi yang khusus digunakan untuk bayi, handuk untuk bayi (sebaiknya memilih handuk yang berbahan lembut agar kulit bayi tidak tergores, karena kulit bayi batu lahir masih sangat sensitif), kapas bulat, ember kecil, tempat sampah (karena akan banyak sampah tempatkan dekat dengan box bayi), tisu kering / washlap, set gunting kuku untuk bayi, detergen khusus untuk pakaian bayi.
  • List perlengkapan kesehatan sehari hari: thermometer, obat penurun panas khusus bayi, salep untuk batuk/pilek/flu khusus bayi, minyak telon untuk membuat bayi hangat, cream anti ruam, popok khusus bayi, bedak anti gatal khusus bayi, alcohol dan kain kasa untuk pusar bayi, kompres instan gel.
  • List perlengkapan untuk bepergian bayi: baby stroller (kereta khusus bayi), car seat, tas khusus untuk perlengkapan bayi (baju bayi, celana bayi, popok bayi, dan lain-lain) yang anti air, cadangan perlengkapan bersih dan disposable diaper, topi dan jaket bayi (agar bayi tidak kedinginan).

Selain memperhatikan list perlengkapan bayi baru lahir, anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan. Untuk perlengkapan seperti pakaian atau kain pilihlah yang lembut agar kulit bayi tidak tergores karena bayi memiliki kulit yang tipis dan mudah tergores.

Untuk peralatan kesehatan gunakan yang tidak membuat bayi alergi, dikarenakn kulit bayi masih sangat sensitif. Oleh karena itu, anda harus pandai dalam memilih peralatan bayi . Ada baiknya sebelum membuat list perlengkapan bayi baru lahir, anda sudah melakukan USG jenis kelamin sehingga anda tidak akan bingung dalam memilih motif dan warna peralatan bayi anda.