Inilah Ciri Ciri Bayi Yang Sehat Dan Aktif

Kebahagiaan saat anak lahir bagi seorang ibu dan keluarga besar adalah jika sang bayi terlahir sehat. Kebahagiaan itu sendiri akan membuat ibu bangga karena dapat menghantarkan bayi ke dunia dengan sehat. Namun bagi ibu baru banyak yang tidak mengetahui ciri-ciri bayi sehat. Ini sangat disayangkan karena kurangnya informasi bayi sehat. Sehingga sang ibu tidak dapat memantau kesehatan sang bayi yang berakibat munculnya beberapa penyakit yang menumpuk. Ini sangat tidak baik untuk sang bayi.

Inilah Ciri Ciri Bayi Yang Sehat Dan Aktif

Oleh karena itu ada baiknya saat ibu memeriksa kandungan juga bertanya seputar kesehatan bayi. Sehingga nanti saat melahirkan sang ibu sudah memiliki pengetahuan yang tepat tentang bayi.

Berikut beberapa ciri-ciri bayi sehat yang sangat penting untuk ibu ketahui:
  • Ciri-ciri bayi sehat yang pertama adalah ketika sang bayi lahir, bayi akan menangis cukup keras dan terdengar nyaring. Menangis ini sangat penting untuk bayi, karena dengan menangis akan membuat saluran pernafasan longgar. Dan jika bayi anda tidak menangis ada baiknya konsultasi ke dokter anda karena takutnya terdapat kelainan pada bayi anda.
  • Bayi yang baru lahir dan memiliki berat badan minimal 2,5 kilogram merupakan ciri-ciri bayi sehat yang berikutnya. Jika berat badan bayi kurang, bisa dikumungkinkan karena asupan saat di dalam kandungan juga kurang. Ini tidak begitu menjadi masalah besar, karena ibu dapat menaikkan berat badan bayi saat sudah keluar dari rahim. Namun jika bayi memiliki berat badan lebih ini terjadi karena pola hidup sang ibu tidak sehat, ini akan membuat susah menurunkan berat badan bayi.
  • Bayi yang memiliki warna kulit kemerahan saat terlahir juga merupakan ciri-ciri bayi sehat. Warna kulit merah tersebut biasanya terdapat dari bagian bibir, muka, kulit tangan bahkan sampai bagian kaki. Namun jika kulit bayi yang anda lahirkan berwarna kuning ada baiknya langsung berkonsultasi kepada dokter atau bidan anda, karena mungkin terdapat kelainan pada bayi anda.
  • Bayi yang sehat memiliki anggota tubuh yang lengkap dan sempurna. Yaitu dari ujung kaki hingga ujung kepala. Beserta lubang mulut, pusar dan lubang duburnya. Jika terdapat salah satu anggota tubuh yang tidak ada dapat menandakan bayi anda memiliki kelainan.
  • Ciri-ciri bayi yang sehat lainnya adalah feses bayi saat hari pertama hingga hari ketujuh memiliki warna hijau dan ketika bayi berumur lebih dari 7 hari warna feses berubah menjadi kuning.
  • Bayi memiliki warna jernih atau kekuningan pada urine.
  • Ketika bayi anda menginjak umur 4 minggu dan seluruh anggota tubuh bayi anda dapat berfungsi normal berarti anak anda merupakan bayi yang sehat.

Itulah beberapa ciri-ciri bayi sehat secara garis besar. Ciri-ciri di atas merupakan ciri-ciri yang paling banyak di alami oleh sebagian besar bayi. Ini sangat penting sebagai pengetahuan ibu agar sang ibu dapat memantau kesehatan bayi sejak lahir hingga besar nantinya. Sehingga bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Semoga informasi di atas bisa membantu anda dalam memantau tumbuh kembang serta kesehatan bagi anda ya.