Cara Menambah Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

Cara menambah berat badan janin dalam kandungan bisa dilakukan dengan memberikan asupan gizi yang cukup kepada ibu hamil. Ibu hamil dapat mengetahui berat badan bayi yang dikandungnya jika rutin memeriksakan kandungannya kepada bidan maupun dokter. Dengan rutin memeriksa kandungan sang ibu akan mengetahui perkembangan sang janin secara teratur juga. Misalnya berat badan janin, kesehatan janin di dalam kandungan dan lain sebagainya.

Cara Menambah Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

Pemeriksaan kandungan saat masa kehamilan sangatlah penting, karena keadaan janin yang di dalam kandungan hanya dapat di ketahui jika melakukan pemeriksaan. Sehingga jika ada ketidakberesan atau masalah kecil langsung dapat ibu atasi dengan bantuan atau saran bidan dan dokter anda. Contohnya adalah berat badan bayi. Setiap ibu memiliki janin yang berbeda beda berat badannya, ada yang standar, ada yang rendah ada pula yang kelebihan. Dan bagi anda yang memiliki janin yang berat badannya rendah ada baiknya anda menaikkan berat badan janin anda. Ini dikarenakan berat janin yang rendah dapat memicu beberapa penyakit menghampiri janin anda.

Berikut beberapa tips atau cara menambah berat badan janin di dalam kandungan:

  • Meminum susu khusus ibu hamil secara teratur tiap harinya dapat menaikkan berat badan janin anda. Anda dapat meminum susu khusus ibu hamil tersebut pagi dan sore hari atau juga dapat anda konsumsi sebelum anda tidur.
  • Banyak mengonsumsi sayur dan buah dapat berperan penting dalam menaikkan berat badan janin. Ini dikarenakan buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga janin juga akan mendapatkan nutrisi yang cukup dari buah dan sayur yang ibu konsumsi.
  • Untuk menaikkan berat badan janin anda harus memenuhi kebutuhan protein tubuh terutama saat masa kehamilan anda. Anda dapat mengonsumsi daging sapi atau ayam sebagai sumber protein tubuh anda.
  • Ikan laut seperti ikan tenggiri, ikan salmon, dan yang lainnya memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil maupun janin di kandungan.
  • Untuk menaikkan berat badan janin ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter maupun bidan anda. Karena nantinya dokter atau bidan anda akan memberikan suplemen atau multivitamin agar janin di dalam kandungan anda bertambah berat badannya. Diusahakan juga anda dapat teratur untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin tersebut.
  • Ibu hamil lebih baik menghindari mengonsumsi minuman yang bersoda. Karena minuman bersoda dapat memperburuk keadaan janin. Di dalam minuman soda terdapat bermacam bahan kimia yang berbahaya sehingga mampu mengancam kesehatan janin di dalam kandungan, oleh karena itu hindarilah.
  • Makanan yang pedas sangat tidak baik untuk janin. Karena makanan yang pedas akan membuat perut anda terasa panas, dan janin juga akan merasakan rasa panas tersebut.
  • Banyak banyaklah mengonsumsi air putih dan berolahraga bagi para ibu hamil agar mampu menaikkan berat badan janin.

Itulah beberapa cara menambah berat badan janin di dalam kandungan agar sang janin tidak rentan terhadap penyakit dan juga selalu dalam kondisi baik. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membantu anda menaikkan berat badan janin anda ya.